Langsung ke konten utama

Jangan Ganggu Teritorial Kami !!!


Baru- baru ini dikabarkan kapal-kapal Amerika Serikat dibuat ketar-ketir saat dikepung kapal Iran.
Keberanian 11 kapal militer Garda Revolusi Iran menghadang iring-iringan kapal perang US Navy Amerika Serikat (AS) itu pun membuat heboh dunia.
Peristiwa itu terjadi di Teluk Persia.
Sekali sapu sudah dipastikan 11 kapal militer Iran cuma jadi rongsokan di lautan.

Tapi siapa sangka, jauh sebelum Iran melakukan aksi nekat menghadang US Navy di Teluk Persia, Indonesia juga pernah melakukan hal lebih gila lagi.
Dikutip dari 50 Tahun Pengabdian Hiu Kencana, karena jalur pelayaran inilah maka tak ayal Armada US Navy (Amerika Serikat) sering wara-wiri lewat perairan Indonesia baik dari Australia maupun Pasifik dan sebaliknya.

Kala itu sebuah kapal induk US Navy dan kapal Frigate-nya sedang melakukan pelayaran dari Australia hendak menuju Pasifik.
Tapi mereka tak meminta izin terlebih dahulu kepada otoritas Indonesia untuk melintas.

Namun ketika mendekati Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) seorang awak kapal US Navy memergoki sebuah kapal selam Indonesia berlayar di permukaan air.
Armada US Navy sadar jika aksi slonong boy mereka ketahuan dan berpikir jika kapal selam Indonesia melakukan penghadangan untuk menghalau mereka.
Sadar karena hampir melanggar batas wilayah negara berdaulat, maka awak kapal US Navy mengirimkan sinyal izin melintas dan segera meninggalkan area dimana ada kapal selam Indonesia disana

Carrier Battle Group US Navy, hanya sebuah kapal selam indonesia berani menghadang armada kuat seperti ini.
Carrier Battle Group US Navy, hanya sebuah kapal selam indonesia berani menghadang armada kuat seperti ini. (India Defence Forum)
Awak kapal US Navy sampai geleng-geleng kepala karena melihat keberanian kapal selam Indonesia walau hanya satu buah berani mengusir armada mereka yang begitu kuat.

Bahkan selang beberapa hari, media resmi militer AS menyebut jika keberanian kapal selam Indonesia tersebut menjaga setiap jengkal wilayah negara dengan bertaruh nyawa karena tak takut menghadapi armada US Navy.
US Navy lebih kagum lagi jika kapal selam Indonesia menghadang mereka dengan posisi berlayar di permukaan bukan didalam air.

Padahal saat itu awak kapal selam Indonesia juga was-was ketika mencegat armada US Navy karena kerusakan lifting ship dan sistem sonar kapal rusak yang berakibat tak bisa menyelam.
Maunya mereka menyelam juga agar tak diketahui keberadaannya saat menghadang kapal induk US Navy.
Tapi ada daya, kapal tak sudi menyelam dan mau tak mau mereka hadang armada US Navy dengan posisi timbul di permukaan dengan hati dag-dig-dug.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Georgia Guidestones, Tugu Misterius AS

 Foto: Istimewa Struktur berbahan granit yang berdiri di puncak tertinggi Elbert County ini merupakan salah satu monumen paling misterius di muka bumi.  Meskipun ukurannya jauh lebih kecil dari monumen-monumen fenomenal seperti Stonehenge dan Gobekli Tepe, tetapi situs sejarah yang berdiri pada tahun 1980 ini menjadi pembicaraan dan sumber spekulasi para pecinta teori konspirasi di dunia hingga sekarang. Menurut keterangan Wikipedia, monumen ini terdiri dari empat buah lempeng granit berukuran besar bertuliskan pesan dalam delapan bahasa, antara lain bahasa Arab, Yunani kuno, Sansekerta, piktograf Babilonia kuno, dan hieroglif.  Isinya adalah sepuluh pesan yang ditujukan untuk seluruh umat manusia yang intinya adalah saran untuk: (1) menciptakan sebuah pemerintahan universal yang mengatur seluruh dunia dalam satu tatanan milik bersama,  (2) menjaga keseimbangan antara populasi manusia dan alam (dengan menjaga jumlah penduduk dunia agar tidak lebih dari 500.000.000

Logika Pemilih

Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tinggal menghitung hari. Berbagai fenomena mewarnai pesta demokrasi yang menurut  Afan Gaffar (1999),  sebenarnya kita masih memasuki “transisi” menuju demokrasi. Artinya sesungguhnya kita saat ini masih berada pada wilayah peralihan pada keadaaan yang belum stabil di mana kita mencoba memasuki wilayah demokrasi. Pernyataan Gaffar 15 tahun yang lalu itu tampaknya masih relevan dengan keadaan sekarang. Mengapa demikian? Karena seperti apa yang disampaikan  Samuel Huntington (1990)  bahwa stabilitas di bidang politik itu berkolerasi dengan pemerataan sosio-ekonomi. Sementara ketimbangan sosio-ekonomi di Indonesia masih besar.  Menurut  K usman Sadik (dalam situs hizbut-tahrir.or.id, diakses 21 Juni 2014) , disebutkan bahwa angka kemiskinan di Indonesia yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tidak sesuai realita.  Sadik menjelaskan, Garis kemiskinan yang digunakan BPS, adalah orang yang memiliki penghasilan sekitar Rp 8 ribu

'Hena Masa Waja' Bukan Lagu Pemberontak

Untuk kekasihku Indonesia, Perkenalkan Kami adalah Maluku...Kami adalah Maluku.  Sperma seni yang dilarang menyanyikan 'Hena Masa Waja', sebelum RUU musik kalian ributkan di Gedung Rakyat dengan dalih Pembungkaman Suara. Mulut kami sudah dibungkam negara, saat Tifa su babunyi dengan pesan-pesan tetua dalam satu lirik lagu, yang dianggap bisa membubarkan sebuah Negara. Hena Masa Waja Letehoeniemoea o ... Joeri tasibea Salane kotika o ...  Hena Masa Waja Letehoeniemoea o ...  Joeri tasibea  Salane kotika o ... A ole roema e ...  Roema singgi sepa e ...  E..paoene..ite..kibi ratoe  Hira roli o.. Hena masa waja Letehoenimoea o..  Hena masa waja Letehoenimoea o..  Hena masa waja Letehoenimoea o..  Arti dari lagu ini adalah  Negeri Pertama, Negeri yang paling tinggi... Semua orang berada ditempat yang paling tinggi... disaat semua air ada menggenangi sekitar kita dikala itu... Lagu 'Hena Masa Waja' adalah lagu Leluhur orang Maluk