Langsung ke konten utama

10 Alasan INDONESIA PUNYA KITA



Negara ini sangat penuh dengan hal-hal yang patut dibanggakan, sehingga sudah selayaknya setiap yang hidup di negeri ini mencintainya.

Apa saja 10 alasan wajib mengapa kita harus mencintai Indonesia :

1. Indonesia Punya Semboyan Bhineka Tunggal Ika

Alasan pertama yang sudah seharusnya kita banggakan sebagai warga negara Indonesia adalah semboyan “Bhineka Tunggal Ika”. Semboyan ini membuktikan beraneka ragamnya budaya, suku dan agama di Indonesia. Dibalik keberagamannya itu, kita patut berbangga karena hingga saat ini kita masih bersatu dibawah nama Indonesia.

Walau dibeberapa kesempatan ada riak-riak yang muncul, namun keberagaman ini tetap bisa disatukan. Dari Sabang sampai Merauke terbentang kekayaan alam negara, seperti hasil laut, tambang, rempah-rempah dan kebudayaan yang merupakan kekayaan utama negeri ini.

Kekayaan alam Indonesia bahkan telah mendapatkan pengakuan dunia sebagai negara dengan tingkat biodeversitas kedua tertinggi setelah negara kawasan Amerika Selatan, Brazil. Hal ini membuktikan Negara Indonesia kaya akan berbagai sumber daya alam.

2. Negara Kepulauan Terbesar Di Dunia

Indonesia punya 34 provinsi, dengan total 17.504 pulau. Sebanyak 9.634 pulau hingga saat ini belum diberi nama dan 6.000 pulau yang tidak berpenghuni. Saking banyaknya, bahkan Indonesia kelimpungan mengurusnya satu-satu, sehingga tidak sedikit yang malah diambil oleh negara tetangga.

Ternyata predikat sebagai Negara Maritim dengan Kepulauan Terbesar di Dunia belum cukup. Indonesia juga menyimpan kekayaan lain, yakni 3 dari 6 pulau paling besar di dunia. Ketiganya yakni, Kalimantan sebagai Pulau Terbesar Ketiga di Dunia dengan luas 539.460 km2, disusul Sumatera dengan luas 473.606 km2 dan Papua dengan luas pulau 421.981 km2.

Setiap Provinsi dan Pulau di Negeri ini menyimpan ragam budaya dan hasil bumi yang berbeda-beda. Semua itu sudah seharusnya dibanggakan, karena belum tentu ada di negara lain.

3. Negara Maritim Paling Makmur

Mengapa dikatakan demikian ? Melihat dari pada apa yang Indonesia punyai dan posisi letak geografis negara serta hal-hal pendukung lain yang perlu kalian ketahui, sehingga terciptanya Indonesia sebagai Negara Maritim Paling Makmur, berikut adalah ulasannya.

Indonesia terletak diantara 2 Benua (Benua Asia dan Benua Australia) dan 2 Samudera (Samudera Hindia dan Samudera Pasifik). Letak geografis inilah yang membuat negara ini dijuluki negara maritim yang makmur, karena memiliki perairan seluas 93 ribu km2 dan panjang pantai sekitar 81 ribu km2 atau hampir 25% dari total panjang pantai di seluruh dunia.

Karena posisi ini, Indonesia menjadi persimpangan lalu lintas dunia, baik di darat, udara, maupun laut. Seandainya saja, semua potensi kemaritiman ini dimaksimalkan, bisa dibayangkan makmurnya negara ini. Bagaimana tidak, Indonesia adalah negara yang menjadi penghubung lalu lintas perdagangan dunia.

Letak geografis ini pulalah yang menyebabkan beragamnya flora dan fauna, jenis tanah, vegetasi, dan sebagainya di Indonesia. Kita semua tahu, bahwa salah satu lokasi terumbu karang paling besar dengan jenis yang banyak ada di Indonesia, yakni di Raja Ampat, Papua.

4. Negara Tropis Paling Ideal

Kita harusnya berbangga karena negara ini hanya mengenal Dua Musim, yakni Musim Hujan dan Musim Kemarau. Bayangkan kalau negara ini juga mengenal empat musim. Bisa jadi tidak setiap saat kita bisa menikmati indahnya pantai atau sejuknya pegunungan.

Karena letaknya di 6 derajat LU (Lintang Utara)-11 derajat LS (Lintang Selatan) dan antara 95 derajat BT (Bujur Timur) – 141 derajat BT (Bujur Timur), maka Indonesia menjadi salah satu negara tropis yang ideal. Negara tropis adalah negara yang hangat dengan sinar matahari yang melimpah.

Orang Eropa bahkan rela mengeluarkan uang lebih hanya untuk menikmati hangatnya udara tropis, kita di Indonesia setiap hari menikmatinya dengan gratis dan melimpah pula. Status negara tropis inilah yang menjadikan negeri ini subur dan didaulat sebagai paru-paru dunia.

5. Gudangnya Warisan Budaya Dunia

Keanekaragaman budaya dan bahasa di Indonesia sangat patut kita banggakan. Dari 981 situs warisan budaya dunia yang tercatat oleh UNESCO, Indonesia menyumbangkan sebanyak 13 buah warisan budaya dunia. Diantaranya 4 warisan alam, 4 cagar budaya dan 5 karya budaya tak benda.

4 warisan alam yang tercatat oleh UNESCO adalah Taman Nasional Ujung Kulon di Banten, Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur, Taman Nasional Lorentz di Papua dan Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatera di Sumatera. Sementara untuk cagar budaya, Indonesia mencatat empat situs yakni Kompleks Candi Borobudur, Candi Prambanan, Situs Prasejarah Sangiran dan Lanskap Budaya Provinsi Bali, utamanya Sistem Subak sebagai Perwujudan dari Filosofi Tri Hita Karana.

Sementara untuk warisan budaya dunia yang merupakan karya budaya tak benda, Indonesia juga menyumbang enam koleksi yakni Wayang, Keris, Batik, Angklung, Tari Saman dan Noken. Dari semua hal itu, masih banyak lagi warisan budaya yang patut dibanggakan.


6. Punya Banyak Ragam Bahasa dan Kuliner Terbanyak

Ragam Macam Kuliner Khas Indonesia
Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang memiliki suku terbanyak. Terdapat lebih dari 740 suku bangsa atau etnis di negeri ini dengan jumlah paling banyak berada di Tanah Papua, sebanyak 270 suku. Dari ratusan suku itu, terdapat pula ratusan bahasa.

Terdapat 583 bahasa dan dialek dari 67 bahasa induk yang digunakan berbagai suku bangsa di Indonesia. Walau berbeda bahasa sehari-hari, orang-orang Indonesia tetap bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan. Itulah hebatnya negeri ini. Dari sekian banyak bahasa pemakai bahasa Jawa-lah yang terbanyak.

Negara ini juga kaya akan jenis makanan. Dalam satu suku saja bisa terdapat dua atau lebih jenis makanan khas yang tidak sama dengan suku lainnya. Jadi bisa dibayangkan, jumlah jenis kuliner di negeri ini sangat banyak. Keanekaragaman rempah juga kian memperkaya khasanah kuliner Indonesia.

7. Indonesia Salah Satu Negara Tertua Di Dunia

Indonesia masuk dalam daftar 100 negara tertua di dunia. Posisinya di urutan ke 70. Namun, Indonesia menjadi negara pertama yang merdeka setelah perang dunia berakhir. Hal ini kemudian dijadikan rujukan oleh negara-neraga lain untuk memerdekakan dirinya masing-masing.

Indonesia juga adalah negara pertama dan hingga saat ini menjadi satu-satunya negara yang pernah keluar dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) pada 7 Januari 1965. Indonesia kembali bergabung ke PBB pada tahun 1966. Dijaman Presiden Soekarno bahkan Indonesia merupakan inisiator terbentuknya konferensi Asia Afrika.

8. Indonesia Punya Yang Terkecil, Terbesar dan Terpanjang

Salah satu yang harusnya makin membuat kita cinta kepada Indonesia yakni keanekaragaman hayatinya. Jumlah flora dan fauna Indonesia sangat banyak. Jumlah mamalia di Indonesia mencapai 515 jenis atau 12 % dari jenis mamalia dunia, reptilia 511 jenis atau 7,3 % dari jenis reptilia dunia dan jumlah burung 1.531 jenis atau 17 % jenis burung dunia.

Indonesia juga mencatat memiliki amphibi 270 jenis, binatang tak bertulang 2.827 jenis dan tumbuhan 38.000 jenis. Dari total itu, Indonesia masih memiliki binatang purba yang masih hidup hingga sekarang yakni Komodo. Indonesia juga punya Bunga Rafflesia Arnoldi yang tumbuh di Sumatera sebagai bunga terbesar di dunia.

Tidak sampai disitu saja, negara ini juga kaya akan reptilnya, tak heran kalau Indonesia memiliki ular Python Reticulates sepanjang 10 meter di Sulawesi yang dinobatkan sebagai ular terpanjang di dunia dan Tarsier Pygmy atau Tarsier Gunung, primata terkecil di dunia dengan panjang hanya 10 cm. Ikan terkecil di dunia pun ada di Indonesia, besarnya hanya seperti nyamuk dengan tubuh yang transparan.

9. Negara Kreatif dan Berprestasi

Yang tak kalah membanggakannnya adalah gamelan. Gamelan menjadi kurikulum sekolah di New Zealand, Singapura, Amerika Serikat dan Jepang. Kita juga punya banyak penemu, salah satunya adalah Masyarakat Ilmuwan dan Teknologi Indonesia (MITI) yang berhasil menemukan alat pembasmi kanker otak.

Presiden Pertama Negara Singapura Keturunan Indonesia
Kita juga patut berbesar hati, karena anak bangsa ini bahkan telah menjadi salah satu presiden di negara lain yakni di Singapura. Adalah Yusof Bin Ishak yang menjadi presiden Singapura pada tahun 1959.

10. Indonesia Punya Kita !!!

Alasan ke sepuluh yang tak kalah pentingnya adalah KITA, AKU, KAMU dan MEREKA. Inilah yang patut kita banggakan, karena negeri ini bukan milik orang Amerika, bukan milik Australia atau Malaysia. Negara ini punya kita dan memiliki kita. Jika ingin tetap tenang menikmati udaranya, maka tak ada jalan lain untuk mencintainya.

i love Indonesia !!!

Soo, masih adakah alasan dari kalian untuk tidak mencintai alam beserta isinya yang telah Tuhan berikan kepada kita semua ?

know it love it !!!

Tunjukan bahwa kita semua bisa dan mampu menjaga, merawat dan melestarikan apa yang ada di Indonesia ini !

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Georgia Guidestones, Tugu Misterius AS

 Foto: Istimewa Struktur berbahan granit yang berdiri di puncak tertinggi Elbert County ini merupakan salah satu monumen paling misterius di muka bumi.  Meskipun ukurannya jauh lebih kecil dari monumen-monumen fenomenal seperti Stonehenge dan Gobekli Tepe, tetapi situs sejarah yang berdiri pada tahun 1980 ini menjadi pembicaraan dan sumber spekulasi para pecinta teori konspirasi di dunia hingga sekarang. Menurut keterangan Wikipedia, monumen ini terdiri dari empat buah lempeng granit berukuran besar bertuliskan pesan dalam delapan bahasa, antara lain bahasa Arab, Yunani kuno, Sansekerta, piktograf Babilonia kuno, dan hieroglif.  Isinya adalah sepuluh pesan yang ditujukan untuk seluruh umat manusia yang intinya adalah saran untuk: (1) menciptakan sebuah pemerintahan universal yang mengatur seluruh dunia dalam satu tatanan milik bersama,  (2) menjaga keseimbangan antara populasi manusia dan alam (dengan menjaga jumlah penduduk dunia agar tidak lebih dari 500.000.000

Logika Pemilih

Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tinggal menghitung hari. Berbagai fenomena mewarnai pesta demokrasi yang menurut  Afan Gaffar (1999),  sebenarnya kita masih memasuki “transisi” menuju demokrasi. Artinya sesungguhnya kita saat ini masih berada pada wilayah peralihan pada keadaaan yang belum stabil di mana kita mencoba memasuki wilayah demokrasi. Pernyataan Gaffar 15 tahun yang lalu itu tampaknya masih relevan dengan keadaan sekarang. Mengapa demikian? Karena seperti apa yang disampaikan  Samuel Huntington (1990)  bahwa stabilitas di bidang politik itu berkolerasi dengan pemerataan sosio-ekonomi. Sementara ketimbangan sosio-ekonomi di Indonesia masih besar.  Menurut  K usman Sadik (dalam situs hizbut-tahrir.or.id, diakses 21 Juni 2014) , disebutkan bahwa angka kemiskinan di Indonesia yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tidak sesuai realita.  Sadik menjelaskan, Garis kemiskinan yang digunakan BPS, adalah orang yang memiliki penghasilan sekitar Rp 8 ribu

'Hena Masa Waja' Bukan Lagu Pemberontak

Untuk kekasihku Indonesia, Perkenalkan Kami adalah Maluku...Kami adalah Maluku.  Sperma seni yang dilarang menyanyikan 'Hena Masa Waja', sebelum RUU musik kalian ributkan di Gedung Rakyat dengan dalih Pembungkaman Suara. Mulut kami sudah dibungkam negara, saat Tifa su babunyi dengan pesan-pesan tetua dalam satu lirik lagu, yang dianggap bisa membubarkan sebuah Negara. Hena Masa Waja Letehoeniemoea o ... Joeri tasibea Salane kotika o ...  Hena Masa Waja Letehoeniemoea o ...  Joeri tasibea  Salane kotika o ... A ole roema e ...  Roema singgi sepa e ...  E..paoene..ite..kibi ratoe  Hira roli o.. Hena masa waja Letehoenimoea o..  Hena masa waja Letehoenimoea o..  Hena masa waja Letehoenimoea o..  Arti dari lagu ini adalah  Negeri Pertama, Negeri yang paling tinggi... Semua orang berada ditempat yang paling tinggi... disaat semua air ada menggenangi sekitar kita dikala itu... Lagu 'Hena Masa Waja' adalah lagu Leluhur orang Maluk