Langsung ke konten utama

Pesona Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun


22 Mei tepat 10 tahun lalu menjadi hari di mana BJ Habibie harus merelakan kepergian sosok wanita yang paling dicintainya. Kepergian mendiang sang istri, Hj. Hasri Ainun Besari menjadi hari yang paling tidak bisa dilupakan bagi mantan Presiden ketiga Indonesia itu.
Sosok Habibie juga menjadi salah satu tokoh yang diidolakan di negeri ini. Selain karena kepintarannya, Habibie juga dikagumi karena rasa cintanya terhadap Ainun yang begitu besar, bahkan tak jarang dapat meneteskan air mata.

Sejak hari pertama hingga keseratus wafatnya Ainun, Habibie selalu rajin mengunjungi makam istri tercinta untuk mendoakan. Cinta Habibie ke Ainun yang begitu besar pun pernah diangkat ke layar lebar, dengan respon yang sangat positif dari masyarakat. 

Tak hanya menginspirasi sutradara saja, nyatanya kisah cinta Habibie Ainun juga menginspirasi kota Parepare untuk membangun monumen cinta pasangan sejati itu. Seperti dikutip dari website resmi Humas Kota Parepare, Wali kota Parepare, Dr. H. Taufan Pawe, mengatakan bahwa bangunan monumental Habibie Ainun ini bercerita tentang kisah cinta Habibie ke generasi mendatang.

"Patung cinta Habibie-Ainun inspiratif bagi generasi mendatang untuk berkomitmen dengan pasangan hidup kita. Monumen ini sebagai simbol keabadian cinta dan kasih terhadap adanya godaan," ucap Taufan.

Di monumen ini terdapat patung Habibie Ainun yang memperlihatkan Ainun menggunakan kerudung dan membawa bunga. Sedangkan Habibie menggunakan jas dan kacamata sambil melambaikan tangan kirinya sembari tersenyum, sedangkan tangan kanan Habibie berada di pundak Ainun seperti merangkul.

Pada bagian belakang patung terdapat puluhan foto Ainun dan Habibie. Foto-foto itu menggambarkan kebahagian mereka, seperti foto keduanya ketika berada di Jerman.

Habibie sendiri yang meresmikan Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun pada Mei 2015 lalu. Dirinya meresmikan monumen tersebut bertepatan di hari pernikahannya ke-53 tahun.
Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun didirikan sebagai kado pernikahan untuk Habibie dan Ainun. Sekaligus sebagai bentuk penghargaan kepada keduanya sebagai sosok yang dihormati di Kota Parepare.

Monumen Cinta Sejati Habibie Ainun terletak di kota kelahiran BJ Habibie 82 tahun lalu, yaitu Parepare. Tepatnya berada di jantung kota Parepare, berdiri tegak di ujung barat daya Lapangan Andi Makkasau. Patung ini dibuat di Yogyakarta dan menghabiskan dana sekitar Rp 1,4 miliar.
Ketika malam hari, monumen ini akan semakin indah karena ada lampu berwarna-warni yang menyorot patung Habibie Ainun. Banyak pengunjung yang rela datang ke Parepare untuk melihat monumen tersebut.

Tertarik berkunjung ke Monumen Habibie Ainun juga?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Georgia Guidestones, Tugu Misterius AS

 Foto: Istimewa Struktur berbahan granit yang berdiri di puncak tertinggi Elbert County ini merupakan salah satu monumen paling misterius di muka bumi.  Meskipun ukurannya jauh lebih kecil dari monumen-monumen fenomenal seperti Stonehenge dan Gobekli Tepe, tetapi situs sejarah yang berdiri pada tahun 1980 ini menjadi pembicaraan dan sumber spekulasi para pecinta teori konspirasi di dunia hingga sekarang. Menurut keterangan Wikipedia, monumen ini terdiri dari empat buah lempeng granit berukuran besar bertuliskan pesan dalam delapan bahasa, antara lain bahasa Arab, Yunani kuno, Sansekerta, piktograf Babilonia kuno, dan hieroglif.  Isinya adalah sepuluh pesan yang ditujukan untuk seluruh umat manusia yang intinya adalah saran untuk: (1) menciptakan sebuah pemerintahan universal yang mengatur seluruh dunia dalam satu tatanan milik bersama,  (2) menjaga keseimbangan antara populasi manusia dan alam (dengan menjaga jumlah penduduk dunia agar tidak lebih dari 500.000.000

Logika Pemilih

Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden tinggal menghitung hari. Berbagai fenomena mewarnai pesta demokrasi yang menurut  Afan Gaffar (1999),  sebenarnya kita masih memasuki “transisi” menuju demokrasi. Artinya sesungguhnya kita saat ini masih berada pada wilayah peralihan pada keadaaan yang belum stabil di mana kita mencoba memasuki wilayah demokrasi. Pernyataan Gaffar 15 tahun yang lalu itu tampaknya masih relevan dengan keadaan sekarang. Mengapa demikian? Karena seperti apa yang disampaikan  Samuel Huntington (1990)  bahwa stabilitas di bidang politik itu berkolerasi dengan pemerataan sosio-ekonomi. Sementara ketimbangan sosio-ekonomi di Indonesia masih besar.  Menurut  K usman Sadik (dalam situs hizbut-tahrir.or.id, diakses 21 Juni 2014) , disebutkan bahwa angka kemiskinan di Indonesia yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) tidak sesuai realita.  Sadik menjelaskan, Garis kemiskinan yang digunakan BPS, adalah orang yang memiliki penghasilan sekitar Rp 8 ribu

'Hena Masa Waja' Bukan Lagu Pemberontak

Untuk kekasihku Indonesia, Perkenalkan Kami adalah Maluku...Kami adalah Maluku.  Sperma seni yang dilarang menyanyikan 'Hena Masa Waja', sebelum RUU musik kalian ributkan di Gedung Rakyat dengan dalih Pembungkaman Suara. Mulut kami sudah dibungkam negara, saat Tifa su babunyi dengan pesan-pesan tetua dalam satu lirik lagu, yang dianggap bisa membubarkan sebuah Negara. Hena Masa Waja Letehoeniemoea o ... Joeri tasibea Salane kotika o ...  Hena Masa Waja Letehoeniemoea o ...  Joeri tasibea  Salane kotika o ... A ole roema e ...  Roema singgi sepa e ...  E..paoene..ite..kibi ratoe  Hira roli o.. Hena masa waja Letehoenimoea o..  Hena masa waja Letehoenimoea o..  Hena masa waja Letehoenimoea o..  Arti dari lagu ini adalah  Negeri Pertama, Negeri yang paling tinggi... Semua orang berada ditempat yang paling tinggi... disaat semua air ada menggenangi sekitar kita dikala itu... Lagu 'Hena Masa Waja' adalah lagu Leluhur orang Maluk